The Quick Brown Fox ...

Dilihat :  kali


Jika Anda sedang meng-install font baru di komputer Anda, pernahkah Anda memperhatikan contoh kalimat yang digunakan adalah “The quick brown fox jumps over the lazy dog”? Artinya kurang lebih "Rubah cokelat yang cepat melompati anjing yang malas". 
Aneh memang. Apa hubungannya antara font komputer dengan rubah cokelat? Apalagi dengan anjing yang malas.

Mau tahu alasannya?
Berikut alasannya:
Kalimat aneh ini muncul pertama kali pada sebuah jurnal pendidikan dan pelajaran The Michigan School Moderator. Dalam artikel berjudul "Interesting Notes" yang terbit tanggal 14 Maret 1885 dimuat topik "Frase yang Disarankan untuk Praktik Menulis". Kalimat atau frase yang disarankan tersebut adalah "A Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog" atau terkadang huruf A diganti dengan kata The menjadi  "The Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog".

Pesan pertama yang dikirim pada hotline Moscow-Washington juga menggunakan kalimat "THE QUICK BROWN FOX JUMPED OVER THE LAZY DOG'S BACK 1234567890". Kemudian si penerima dan penerjemah pesan di Russia menanyakan kepada si pengirim pesan "Apa maksud kalian dengan mengatakan "Rubah cokelat yang cepat melompati anjing yang malas"?

Penasaran?
Mengapa kalimat tersebut digunakan?
Kita ikuti penjelasannya berikut ini:
Kalimat tersebut adalah sebuah pangram (dibaca: pan-gram) yang cukup terkenal dalam bahasa Inggris. Pangram atau sering juga disebut holoalphabetic adalah sebuah kalimat yang menggunakan semua huruf alfabetis paling tidak satu kali. Dalam bahasa Yunani, “pan” berarti semua dan “gramma” berarti huruf. Jadi pangram berarti semua huruf.
Jadi kalimat atau frase “The quick brown fox jumps over the lazy dog” memuat seluruh abjad dari A sampai Z. Tujuan digunakannya kalimat ini pada contoh font komputer adalah untuk menampilkan seluruh huruf (26 huruf) alfabet mulai A sampai Z secara lengkap. Dengan demikian kita dapat melihat seluruh bentuk font dari A sampai Z.

Demikian alasan kenapa kalimat "Rubah cokelat yang cepat melompati anjing yang malas" (tentunya dalam versi bahasa Inggris) digunakan sebagai contoh kalimat pada font komputer anda. Anda juga bisa mengetikkan =rand.old() pada Microsoft Word 2007 Anda untuk 'memanggil' kalimat tersebut.
Dalam bahasa Jawa ada pangram sempurna atau pangram yang mencantumkan setiap huruf hanya satu kali atau juga disebut anagram yakni "Hana caraka, data sawala, padha jayanya, maga bathanga” yang mencantumkan 20 huruf aksara Jawa secara lengkap dan bermakna.

Jika bahasa Jawa memiliki pangram atau anagram, dapatkah Anda membuat sebuah pangram dalam bahasa Indonesia yang memuat seluruh abjad A sampai Z?
Sepertinya cukup sulit karena dalam bahasa Indonesia meskipun ada, kita jarang menemukan kata yang mengandung huruf  q, x, dan z. Apalagi kemudian harus digabungkan dengan kata-kata lain menjadi sebuah kalimat yang bermakna.
Tapi tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba. 
Siapa tahu Anda penemu pangram pertama dalam bahasa Indonesia.



*Dari beberapa sumber dan ditulis dengan kata-kata sendiri




EmoticonEmoticon