Tomat: Buah atau Sayur?

Dilihat :  kali


Di antara kita pasti sering mengkonsumsi tomat karena rasanya yang segar dan mengandung vitamin yang menyehatkan tubuh.
Tahukan Anda dibalik rasanya yang segar tsb., tomat menyisakan polemik berkepanjangan. Ada yang mengatakan tomat adalah sayuran, sementara yang lainnya lebih suka mengatakan tomat seperti halnya apel dan mangga adalah buah-buahan.
Dan ternyata yang lebih tepat adalah tomat dikategorikan sebagai buah-buahan.

Tahukah Anda kenapa demikian?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:
Tomat seperti halnya mentimun, jagung, labu siam lebih sering dianggap sebagai sayuran ketimbang buah. Kenapa demikian? Alasannya sederhana, buah-buahan tersebut lebih mudah dicari di penjual sayur daripada di penjual buah.
Sebenarnya dari segi teknis, buah dan sayur tidak dapat dibandingkan (uncomparable). Buah adalah istilah botani (cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang tanaman) sedangkan sayur adalah istilah kuliner (behubungan dengan masak-memasak). Kalau mau dibandingkan buah harus dibandingkan dengan batang, daun, akar. Sedangkan sayur harus dibandingkan dengan lauk, ikan, telor, dll.
Jadi istilah sayur atau sayuran tidak dikenal dalam ilmu biologi atau botani.
Tapi baiklah, untuk memperjelasnya kita harus mengupas definisi buah dan sayuran.
Buah adalah bagian tanaman yang berfungsi sebagai cadangan makanan dan memiliki biji sebagai bakal hidup generasi penerus tanaman tersebut. Definisi lain menyatakan bahwa buah adalah ovarium matang dari tanaman berbunga yang mengandung biji.
Sayur atau sayuran adalah sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.
Dari definisi di atas terlihat jelas bahwa setiap bagian tanaman yang berbiji dan bisa tumbuh untuk regenerasi adalah buah. Sedangkan sayur adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi secara segar maupun diolah.
Buah dapat diolah menjadi sayuran, tapi sayuran tidak bisa diolah menjadi buah.
Jadi pada prinsipnya tomat, jagung, mentimun, labu siam adalah buah, namun semuanya bisa menjadi sayuran ketika diolah atau dikonsumsi sebagaimana layaknya sayuran lainnya.
Sedangkan kangkung, kubis, bayam, brokoli adalah sayuran dan meskipun telah diolah kita tidak bisa menyebutnya sebagai buah.

Sekarang Anda sudah paham kan kenapa tomat, jagung, dll. dikategorikan sebagai buah?
Masih penasaran?


*Dari beberapa sumber dan telah diolah kembali

 


3 comments

Mohon maaf, tolong hapus komentar yang tidak ada kaitannya dengan artikel atau admin akan me-remove-nya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tomat dalam bentuk buah, tetapi kebanyakan dikonsumsi sebagai sayuran kecuali dibuat untuk jus dan sangat baik untuk kesehatan dan merupakan
Nutrisi yang sehat untuk kulit.


EmoticonEmoticon