Jarum Jam Berputar ke Kanan

Dilihat :  kali



Seperti kita ketahui bahwa jam analog memiliki jarum jam, menit dan detik. Ketiga-tiganya berputar ke arah kanan. Jika menggunakan kaidah tangan kiri (seperti pada gambar di bawah), maka ibu jari adalah sumbu putaran jarum jam dan keempat jari lainnya menunjukkan arah jarum jam.


Tahukah Anda kenapa jarum jam berputar ke kanan?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:
Sebenarnya arah putaran jarum jam bukanlah ke kanan. Diambil dari istilah Bahasa Inggris clockwise atau CW, arah jarum jam sebenarnya adalah dari atas ke kanan, lalu ke bawah, kemudian ke kiri, dan kembali ke atas. Itulah sebabnya maka setiap gerakan atau putaran yang sama dengan arah jarum jam disebut searah jarum jam dan sebaliknya disebut berlawanan arah jarum jam.
Namun demikian karena gerakan awalnya adalah ke kanan maka secara umum putaran searah jarum jam disebut berputar ke kanan.
Kita kembali ke alasan kenapa jarum jam berputar ke kanan.
Setidaknya ada dua alasan yang paling reasonable yang dapat menjelaskan kenapa jarum jam berputar ke kanan.

Alasan Historis
Sebelum kita mengenal jam mekanik modern seperti saat ini, sebagai penujuk waktu khususnya dari pagi sampai pertang hari, digunakanlah jam matahari. Disebut jam matahari karena penunjuk waktu ini sangat tergantung pada sinar matahari. Penunjuk waktu menggunakan jam matahari pertama kali dikenalkan pada peradaban kuno di Mesir. Papan berbentuk lingkaran yang berisi angka romawi digunakan sebagai alasnya dan sebuah tiang berbentuk segitiga dipasangkan di atas papan tersebut. Sinar matahari yang menyinari tiang akan menghasilkan bayangan sebagai penunjuk waktu saat itu.
Karena letak geografis bangsa Mesir kuno yang berada di belahan bumi utara (29°58’45.28" LU) dan matahari bergerak semu dari arah timur menuju ke barat, maka bayangan tiang akan bergerak dari kiri ke kanan, seperti terlihat pada gambar berikut:


Namun jika jam matahari pertama kalinya ditemukan di belahan bumi selatan ceritanya bisa berbeda. Arah jarum jam akan berputar berlawanan atau dari kanan ke kiri.
Jadi berawal dari jam matahari yang ditemukan oleh bangsa Mesir ini maka ketika jam mekanik pertama kali dibuat oleh bangsa Eropa sekitar abad ke-14, arah putaran jarum jamnya juga mengikuti arah putaran jam matahari bangsa Mesir atau berputar ke kanan

Alasan Filosofis
Ada ungkapan dalam Bahas Inggris yang menyatakan "Time flies" yang artinya waktu berlalu. Ini mengandung makna bahwa waktu begitu cepat berlalu dan selalu bergerak maju atau ke depan. Ketika waktu telah berlalu, ia tidak akan bisa lagi mundur ke belakang. Semua kejadian dan peristiwa yang terjadi tidak bisa terlepaskan dari waktu.
Perhatikanlah roda-roda pedati, sepeda, sepeda motor, mobil, kereta api bahkan roda pesawat terbang. Untuk dapat bergerak maju ke depan, roda-roda tersebut harus berputar ke kanan (clockwise). Jika roda-roda tersebut berputar ke kiri (counter clockwise) maka kendaraan-kendaraan tersebut akan bergerak mundur ke belakang.


Jadi secara filosofis jarum jam berputar ke kanan menunjukkan bahwa waktu selalu bergerak ke depan seiring dengan jalannya kehidupan. Mungkin ini juga sebabnya kenapa kehidupan yang kita jalani ini sering disebut sebagai roda kehidupan yang selalu berputar dan terus berputar.

Demikianlah alasan kenapa jarum jam berputar ke kanan secara historis dan filosofis.

Semoga Anda sekarang sudah tidak penasaran lagi.



Dari berbagai sumber, diolah dengan kata-kata sendiri



2 comments

Di kantor saya yg dulu di atas ruang photo copy saya pernah liat jam dinding yg arah putaran jarum jamnya ke kiri. Angka2nya juga disusun terbalik. Mungkin pembuatnya dari negara di belahan bumi selatan ya Gan?


EmoticonEmoticon