Kotak Hitam Pesawat

Dilihat :  kali



Setiap kali ada kecelakaan pesawat, kotak hitam atau black box selalu menjadi prioritas untuk dicari disamping penumpang lainnya.

Tahukah Anda kotak hitam sebenarnya berwarna oranye?
Kenapa kotak yang berwarna oranye tersebut disebut kotak hitam?

Penasaran?
Mau tau alasannya?

Berikut penjelasannya:
Istilah kotak hitam atau black box sebenarnya mengacu pada sebuah block diagram suatu piranti atau perangkat yang kita tidak tahu apa isinya. Kita hanya tahu input dan output-nya saja. Kenapa disebut hitam karena warna hitam identik dengan gelap dan dalam kegelapan kita tidak bisa melihat apa pun.
Kotak hitam juga bisa diartikan sebagai kotak yang isinya apa saja. Karena isinya bisa apa saja, kita sampai tidak bisa mengklasifikasikan (nama) kotak tersebut. Misalnya, di rumah kita punya kotak yang isinya alat-alat tulis pensil, pulpen, penghapus, rautan, tapi juga ada benang, jarum, lem, sendok, obeng, tang, palu, handphone, charger, dll. Karena kita tidak bisa mengklasifikasikan isi kotak tersebut maka untuk mudahnya disebut kotak hitam.

Kita kembali ke pertanyaan awal kenapa kotak hitam pesawat berwarna oranye?
Kotak hitam pesawat berwarna oranye tentu memiliki satu tujuan yakni supaya mudah terlihat saat pencarian. Warna-warna cerah seperti oranye akan terlihat kontras di tengah hutan belantara, area persawahan atau pemukiman penduduk bahkan di tengah puing-puing pesawat yang terbakar ketika pesawat jatuh atau mengalami kecelakaan.

Lantas kenapa disebut kotak hitam?
Disebut kotak hitam karena secara awam kita tidak mengetahui apa isi dari kotak tersebut.
Meskipun secara umum kita tahu bahwa kotak hitam isinya adalah rekaman data penerbangan dan rekaman suara pilot/copilot di kokpit dengan petugas ATC (Air Traffic Control) di darat, namun kita tidak mengetahui apa isi rekaman tersebut sampai dilakukan pembacaan oleh pihak berwenang terkait. Karena orang awam "gelap" terhadap isi kotak tersebut tersebut maka kotak tersebut disebut sebagai "Kotak Hitam".

Demikian alasan kenapa kotak yang berwarna oranye pada pesawat terbang disebut sebagai "Kotak Hitam".

Semoga Anda sekarang sudah tidak penasaran lagi.


Dari berbagai sumber, sudah diolah kembali



2 comments

Thanks Min sdh memberikan pencerahan. Dari dulu sy bertanya2 knp disebut kotak hitam dan sy pikitlr krn warnanya memang hitam. Thanks.

Ok terima kasih juga sudah mengunjungi blog sederhana ini. Silakan share ke teman2 Anda untuk berbagi pengetahuan.


EmoticonEmoticon