Ulang Tahun Perak

Dilihat :  kali



Jika saat ini Anda sedang berulang tahun yang ke-25 mungkin akan banyak teman atau sahabat dekat Anda yang mengucapkan Selamat Ulang Tahun Perak untuk Anda. Atau, jika Anda adalah alumnus SD, SMP atau SMA yang telah 25 tahun lulus dan mengadakan reuni maka reuni ke-25 tahun tersebut disebut sebagai "Reuni Perak"

Tahukah Anda kenapa angka 25 tahun identik dengan istilah perak?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:
Peringatan atau perayaan suatu kejadian atau peristiwa penting yang telah dilalui selama 25 tahun atau  disebut sebagai Ulang Tahun Perak sebenarnya berawal dari perayaan ulang tahun pernikahan (Wedding Anniversary).
Ya, pernikahan adalah salah satu momen yang penting dalam perjalanan hidup seseorang. Perayaan ulang tahun pernikahan merupakan wujud rasa syukur dan sekaligus menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan karena telah melewati segala tantangan dan rintangan dalam mengarungi mahligai pernikahan. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap pernikahan selalu saja ada sedikit perselisihan dan perbedaan pendapat. Itu hal yang normal terjadi. Bayangkan saja orang yang lahir kembar dari satu rahim dalam waktu hampir bersamaan saja bisa berselisih paham, apalagi suami-istri yang lahir dari ibu yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda, di tempat yang berbeda dan usia yang terkadang tepaut cukup jauh, maka sangat wajar jika pasangan suami-istri pernah berbeda pendapat atau berselisih paham.
Oleh karenanya momen ulang tahun pernikahan akan sangat berarti jika dapat dirayakan dengan rasa syukur dan bahagia.

Kembali ke pertanyaan awal, kenapa ulang tahun ke-25 disebut sebagai ulang tahun Perak?
Tradisi merayakan ulang tahun pernikahan awalnya hanya dilakukan di negara-negara barat seperti Inggris Perancis, Rusia dan Amerika. Namun sekarang peringatan ulang tahun pernikahan sudah hampir dilakukan di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.
Setiap ulang tahun pernikahan memiliki istilah tersendiri sesuai dengan usia pernikahan dan hadiah yang akan diberikan oleh masing-masing pasangan.
Perak merupakan simbol keharmonisan dalam menjalani mahligai rumah tangga selama 25 tahun. Hadiah yang diberikan kepada pasangan biasanya berupa perhiasan dari bahan dominan perak seperti cincin, kalung dan gelang. Atau bisa juga berupa hiasan atau pajangan dan bingkai lukisan yang didominasi warna perak atau silver.
Jika usia pernikahan Anda telah mencapai 50 (lima puluh) tahun maka ulang tahunnya disebut sebagai ulang tahun emas karena emas disamping melambangkan keharmonisan juga melambangkan keagungan. Hadiah yang pas untuk ulang tahun pernikahan emas adalah perhiasan yang terbuat dari emas atau jam tangan yang berlapis emas. Sedangkan jika usia penikahan Anda mencapai 75 (tujuh puluh lima) tahun maka disebut sebagai ulang tahun berlian karena berlian melambangkan kemuliaan dan cinta yang abadi. Hadiah yang tepat untuk pasangan Anda tentu perhiasan dari berlian. Itu pun jika Anda mampu memberikannya, namun jika tidak, Anda cukup berikan cinta dan kasih sayang Anda yang tulus abadi kepada pasangan Anda laksana berlian.
Adakah istilah untuk ulang tahun pernikahan ke-100?
Sejauh ini belum ada karena amat jarang pasangan suami-istri berusia di atas 100 tahun. Jika pasangan suami-istri menikah di usia 25 tahun, maka keduanya akan berusia 125 tahun pada ulang tahun pernikahan keseratusnya. Rasanya agak sulit ditemukan.

Berikut ini istilah Ulang Tahun Pernikahan sesuai lamanya usia pernikahan: 


Jadi, berawal dari istilah perayaan ulang tahun pernikahan kemudian istilah ini meluas (digeneraliasi) menjadi istilah untuk ulang tahun kelahiran (birthday), ulang tahun berdirinya perusahaan (company anniversary), ulang tahun universitas (dies natalies), ulang tahun kemerdekaan (independence day) sampai ulang tahun reuni.
Untuk Anda yang lulus SMA pada tahun 1992 maka tahun saat dibuat artikel ini (tahun 2017) adalah ulang tahun kelulusan Anda yang ke-25. Jika Anda mengadakan reuni maka reuni kali ini disebut sebagai "Reuni Perak".

Demikianlah asal mula kenapa ulang tahun ke-25 disebut sebagai ulang tahun perak.

Apakah Anda masih penasaran?


Dari berbagai sumber


EmoticonEmoticon