Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari

Dilihat :  kali



Setiap pagi hari kita sering mendengar suara ayam jantan berkokok. Tak heran jika suara alarm pada ponsel pintar juga menggunakan suara ayam berkokok untuk membangunkan si pemilik ponsel di pagi hari.

Tahukah Anda alasan kenapa ayam jantan berkokok di pagi hari?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui alasan kenapa ayam jantan berkokok di pagi hari.
Setidaknya ada dua hipotesis kenapa ayam jantan berkokok di pagi hari.
Pertama, ayam jantan memiliki semacam jam internal atau jam biologis atau jam circadian yang mendorongnya berkokok setiap pagi.
Kedua, ayam jantan berkokok di pagi hari adalah respons terhadap stimulus atau rangsangan eksternal seperti cahaya di pagi hari atau menanggapi kokok ayam jantan lainnya.
Studi yang dilakukan oleh sebuah universitas di Jepang terhadap 40 ekor ayam jantan yang ditempatkan pada sebuah ruangan yang selalu terang sepanjang hari menunjukkan bahwa ayam tetap berkokok di pagi hari.
Hal ini menunjukkan bahwa jam biologis ayam jantanlah yang mendorongnya berkokok pada pagi hari.
Selain pagi hari, ayam jantan juga berkokok di siang hari atau sore hari untuk menanggapi rangsangan eksternal seperti peningkatan intensitas cahaya atau menanggapi kokok ayam jantan lainnya.
Ayam jantan yang dilepas liarkan atau tidak dikurung di dalam kandang juga sering berkokok ketika bersama ayam betina. Hal ini mungkin dilakukan untuk menarik perhatian betina atau hanya sekedar menunjukkan kejantanannya dengan suara kokok yang nyaring dan keras.

Jadi kesimpulannya, perilaku berkokok ayam jantan lebih kuat di pagi hari disebabkan oleh karena jam internal atau jam biologis pada ayam jantan dimana setiap + 24 jam ayam jantan akan terdorong untuk berkokok.

Penelitian lanjutan disarankan untuk memindahkan ayam jantan dari suatu negara ke negara lainnya yang selisih waktunya +12 jam, misalnya Indonesia dengan Amerika.
Apakah ayam jantan tersebut akan berkokok setiap sore hari atau tetap di pagi hari?
Hipotesisnya adalah ayam jantan awalnya akan berkokok setiap sore hari namun secara bertahap jam biologis ayam jantan akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya persis seperti jam tidur seseorang yang mengalami jet lag setelah melakukan perjalanan dengan perbedaan zone waktu +12 jam.

Apakah Anda masih penasaran?
Semoga Anda sudah tidak penasaran lagi.


*Dari berbagai sumber




EmoticonEmoticon