Keyboard QWERTY

Dilihat :  kali

Kenapa keyboard komputer atau smartphone menggunakan susunan abjad QWERTY bukan ABCDEF ?

Penasaran? 
Mau tahu alasannya?  

Berikut alasannya:
Sejarah keyboard QWERTY ini berawal dari penemuan mesin ketik pertama oleh seorang warga negara Inggris bernama Henry Mill yang dipatenkan pada tahun 1714. 



Saat itu huruf di papan ketik disusun berdasarkan alphabetical order ABCDEF seperti berikut:


Namun susunan atau tata letak huruf  yang mudah dihafal tersebut menyebabkan para pemakai mesin ketik saat itu dapat mengetik dengan sangat cepat. Karena masih mengunakan mesin yang sangat sederhana maka kecepatan mengetik menyebabkan beberapa huruf menjadi saling mengkait dan tombol mesin ketik menjadi macet. Hal ini tentu saja menjadi masalah karena menghambat perkerjaan.

Akhirnya pada tahun 1868, seorang warga negara Amerika bernama Christopher Latham Sholes (1819-1890) mengatasi permasalahan ini dengan menemukan mesin ketik mekanik pertama dengan susunan abjad QWERTY. Dengan susun abjad sedemikian rupa maka kecepatan mengetik dapat dikurangi dan tombol-tombol huruf yang saling mengkait dapat diatasi. Pada tahun 1873 mesin ketik model 'QWERTY' ini telah diproduksi secara massal.

100 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1973, penggunaan abjad QWERTY pada keyboard ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standardization) sebagai international standard keyboard layout.
Mulai saat itu hingga sekarang semua komputer, laptop, smartphone dan gadget menggunakan keyboard dengan susunan abjad QWERTY, seperti tampak berikut ini:



Sekarang Anda sudah tahu alasan kenapa keyboard komputer atau keypad gadget Anda hurufnya tersusun QWERTY bukan ABCDEF ?
Apakah Anda masih penasaran?



*Dari berbagai sumber dan telah diolah dengan kata-kata sendiri


First


EmoticonEmoticon