Burung Terbang Mundur

Dilihat :  kali


Dari sekitar 10.000 spesies burung di seluruh dunia, terdapat satu spesies burung yang dapat terbang mundur.
Tahukan Anda burung apakah tersebut?
Ya, Anda benar.
Burung tersebut adalah burung kolibri atau dalam bahas Inggris disebut hummingbird.

Tahukah Anda kenapa burung kolibri dapat terbang mundur?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:
Terdapat kurang lebih 340 spesies burung kolibri di seluruh dunia dan sebagian besar hidup dan berkembang biak dengan baik di negara Amerika Serikat.
Burung kolibri memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung spesiesnya. Umumnya burung kolibri memiliki ukuran panjang rata-rata 6,4 cm. Jenis burung kolibri yang paling kecil adalah burung kolibri lebah (bee hummingbird), ukurannya sedikit lebih besar dari seekor lebah. Jenis burung kolibri terbesar adalah kolibri raksasa (giant hummingbird), ukurannya sekitar 20 cm lebih besar dari kolibri lebah. Burung kolibri disebut hummingbird karena jika terbang burung kolibri ini mengeluarkan suara mendengung (humming).

Kembali ke pertanyaan kenapa burung kolibri bisa terbang mundur?
Burung kolibri bisa terbang mundur setidaknya karena dua alasan.
Pertama, struktur pundak sayap burung kolibri yang sangat fleksibel sehingga dapat diputar hinggga 180o. Karena kelebihannya ini maka burung kolibri dapat bergerak ke arah mana pun tanpa harus memutar tubuhnya.
Kedua, dengan didukung oleh otot dada yang kuat burung kolibri dapat mengepakkan sayapnya dengan frekuensi hingga 80 kali per detik. Karena begitu cepatnya kita bahkan tidak bisa melihat sayap burung kolibri ketika terbang atau dikepakkan (seperti terlihat pada gambar).

Karena kedua alasan inilah maka burung kolibri bisa melakukan gerakan akrobatik di udara dan bisa terbang mundur tanpa memutar tubuh dan kepalanya ke belakang.

Saking uniknya burung kolibri ini, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa burung kolibri adalah perpaduan sempurna antara fisik burung dengan kemampuan terbang serangga.

Sekarang Anda sudah tahu alasan kenapa burung kolibri bisa terbang mundur.
Selain mundur, burung kolibri juga bisa terbang ke atas, ke bawah dan ke samping tanpa harus memutar tubuh dan kepalanya, persis seperti gerakan tebang seekor lebah atau tawon ketika mencari nektar atau sari bunga.

Dengan penjelasan di atas semoga Anda sekarang sudah tidak penasaran lagi.



*Dari beberapa sumber dan ditulis dengan kata-kata sendiri.




EmoticonEmoticon