Tidak Ada Bulan di Merkurius dan Venus

Dilihat :  kali

 



Seperti kita ketahui umumnya planet-planet di sistem Tata Surya kita memiliki satelit alami atau bulan. Bahkan planet Jupiter - planet terbesar di Tata Surya memiliki hingga 79 satelit alami. Planet Merkurius dan Venus termasuk planet yang tidak memiliki satelit alami.

Tahukah Anda alasan kenapa planet Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami atau bulan?

Penasaran?

Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:

Berikut beberapa alasan kenapa Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami:

Jarak dari Matahari

Kedua planet ini berada sangat dekat dengan Matahari. Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari, sementara Venus adalah planet kedua terdekat. Akibatnya, gaya gravitasi Matahari yang kuat mempengaruhi satelit potensial dan mencegahnya menjadi stabil dalam orbit. Satelit yang terlalu dekat dengan Matahari akan terkena gaya pasang surut yang sangat kuat, yang akan mengakibatkan peningkatan energi kinetik dan kecepatan satelit, sehingga satelit tersebut akhirnya terlempar ke luar orbit planet.

Massa Planet

Merkurius dan Venus adalah planet yang relatif kecil, dengan massa yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Bumi dan planet-planet lainnya di Tata Surya. Massa yang kecil berarti gravitasi yang dihasilkan oleh planet tersebut juga lebih lemah, yang berarti sulit untuk menarik satelit alami ke orbit yang stabil.

Tabrakan

Ada kemungkinan bahwa Merkurius dan Venus sebelumnya memiliki satelit alami, namun satelit tersebut mengalami tabrakan dengan planet dan hancur menjadi pecahan. Ketika satelit menabrak planet, energi kinetik dari satelit tersebut akan terlibat dalam proses yang dapat menyebabkan perubahan kecepatan rotasi planet dan perubahan orbitnya.

Proses pembentukan planet

Pembentukan planet yang menghasilkan Merkurius dan Venus mungkin juga berperan sebagai alasan kenapa planet-planet ini tidak memiliki satelit alami. Selama tahap pembentukan planet, ada banyak tumbukan antara objek-objek dalam ruang angkasa. Jika ada tumbukan yang cukup besar antara objek yang akan menjadi planet dengan objek yang akan menjadi satelit, maka objek yang akan menjadi satelit tersebut dapat dihancurkan atau digabung dengan objek yang akan menjadi planet (planet induk). Hal ini mungkin terjadi pada Merkurius dan Venus selama tahap pembentukan planet.

Demikian alasan kenapa Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami atau bulan. Kalau seandainya manusia bisa tinggal di Venus, pastinya tidak akan pernah melihat gerhana bulan, gerhana matahari, bulan purnama dan bulan mati.


EmoticonEmoticon