Listrik Nirkabel

Dilihat :  kali

 

Saat ini sedang dilakukan penelitian dan uji coba untuk mentransmisikan energi listrik tanpa kabel atau nirkabel. Dengan menggunakan prinsip medan magnet, maka listrik dapat ditransmisikan secara nirkabel. Namun hingga kini transmisi listrik nirkabel masih terkendala jarak jangkauan dan besarnya tegangan yang ditransmisikan. Listrik tegangan tinggi kemungkinan tidak akan dapat ditransmisikan secara nirkabel. Listrik tegangan tinggi biasanya digunakan untuk mentransmisikan energi listrik dari pembangkit listrik ke pusat-pusat pemakaian energi listrik yang jauh. 

Tahukah Anda alasan kenapa listrik tegangan tinggi tidak dapat (atau setidaknya belum dapat) ditransmisikan secara nirkabel?

Penasaran?

Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya:

Ada beberapa alasan kenapa listrik tegangan tinggi tidak dapat ditransmisikan menggunakan media nirkabel:

Kehilangan Daya yang Besar

Saat listrik dialirkan melalui saluran transmisi, ada hambatan atau resistensi dalam saluran. Hambatan ini menyebabkan sebagian kecil dari energi listrik hilang dalam bentuk panas. Semakin jauh jarak transmisi, semakin besar kehilangan dayanya. Saat listrik ditransmisikan secara nirkabel, kehilangan daya menjadi jauh lebih besar karena ada lebih banyak hambatan dan gangguan.

Gangguan dan Interferensi

Listrik tegangan tinggi memancarkan medan elektromagnetik yang kuat. Medan ini dapat mengganggu sinyal komunikasi nirkabel dan mengganggu kinerja perangkat elektronik. Bahkan, gangguan dari listrik tegangan tinggi bisa merusak perangkat nirkabel itu sendiri.

Keamanan

Listrik tegangan tinggi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian jika terjadi kontak langsung. Pada media nirkabel, radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh tegangan tinggi bisa menyebabkan bahaya serupa, bahkan tanpa adanya kontak langsung.

Efisiensi Energi

Listrik tegangan tinggi sangat efisien dalam hal mentransmisikan energi melalui saluran transmisi yang dirancang khusus untuk mengurangi kehilangan daya. Namun, mentransmisikan listrik secara nirkabel akan membutuhkan energi yang lebih banyak dan hasil akhirnya menjadi tidak efisien.

Oleh karena itu, listrik tegangan tinggi biasanya ditransmisikan melalui saluran transmisi yang dirancang khusus dan terisolasi dengan baik, dan bukan melalui media nirkabel.

Demikian alasan kenapa listrik tegangan tinggi mungkin tidak akan pernah bisa ditransmisikan secara nirkabel, meskipun saat ini sedang diujicobakan untuk mentransimisikan litrik melalui media nirkabel.


EmoticonEmoticon